Cek Tagihan Listrik PLN Online Paling Cepat, Tepat dan Akurat

cek tagihan listrik bulanan lewat hp android secara online

Cek Tagihan Listrik PLN Pascabayar

Informasi Tagihan

Nama Pelanggan  :

Periode :

Jumlah Tagihan : Rp. 0

Biaya Admin   : Rp. 0

*digunakan untuk menerima bukti transfer

 

Rincian Transaksi

PLN Pascabayar
Tagihan
Rp. 0
Admin Bank
Rp. 0
Total Pembayaran
Rp. 0

*Total pembayaran belum termasuk nominal kode unik, Nominal kode unik diperlukan untuk pemrosesan otomatis, biaya kode unik akan dikembalikan dalam bentuk saldo BebasBayar

Pembayaran

Batas waktu transfer berakhir pada pukul WIB

Total Bayar :

Rp

Transfer Ke :

An.

Pastikan 3 digit terakhir benar agar pembayaran anda dapat diproses

Metode Pembayaran

Pemberitahuan: mohon transfer sesuai nominal diatas hingga tiga digit terakhir.

Jika nominal yang ditransfer tidak sesuai, proses pembayaran tidak bisa berjalan secara otomatis sehingga pembayaran Anda akan terhambat.

Detail informasi & konfirmasi (invoice) pembayaran akan dikirimkan melalui Email & No telp Anda yang sudah terdaftar.


Cara Cek Tagihan Listrik PLN Pasca Bayar di Website BebasBayar

Cara mengecek tagihan listrik PLN Pascabayar bulanan serta pembayarannya pun bisa dilakukan secara online melalui website BebasBayar, caranya cukup mudah:

  1. Inputkan Nomor ID Pelanggan Anda pada kolom yang sudah disediakan diatas.
  2. Isikan Nomor HP Anda di kolom No. Handphone.
  3. Kemudian klik tombol Cek Tagihan.

Supaya lebih mudah cek tagihan listrik dan membayarnya Anda bisa download Aplikasi BebasBayar melalui tombol berikut ini:

download aplikasi bebasbayar

Kenapa Cek Tagihan Listrik PLN dan Bayar Lewat Aplikasi BebasBayar

cek tagihan listrik pln dan bayar online lewat hp android di bebasbayar
  • Gratis notifikasi pengingat tagihan PLN
  • Tidak hanya PLN, namun lengkap dengan PDAM, BPJS, isi pulsa, paket data, gopay, ovo, shopeepay, dana, game online dll
  • Transfer uang ke semua bank biaya admin hanya Rp 2.500
  • Paling murah reservasi Tiket Pesawat, Tiket Kereta Api
  • Dapatkan cashback/ bonus tunai tiap transaksi + bonus pasti puluhan juta rupiah
  • Pendaftaran 100% gratis

Sudah bukan zamannya lagi berlama-lama atau mengantri setiap awal bulan hanya untuk bayar tagihan listrik PLN. Zaman makin canggih, perkembangan teknologi sudah memberikan kemudahan di berbagai aspek, termasuk bagaimana cara cek tagihan listrik online lewat hp.

Sebagai aplikasi pembayaran terlengkap di Indonesia, BebasBayar bisa Anda gunakan untuk mengetahui tagihan listrik PLN secara online. Selain itu, BebasBayar juga menyediakan beragam pilihan pembayaran yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.


Anda bisa bayar tagihan listrik via BebasBayar langsung, via transfer ATM, M-Banking, Alfamart, Indomaret, hingga Pos Indonesia. Mudah sekali kan?


Yuk segera cek tagihan listrik bulanan Anda sekarang juga di BebasBayar.




Cara Cek & Bayar Listrik Online di Aplikasi BebasBayar

Cek rincian tagihan rekening listrik pasca bayar dan cara pembayarannya pun sangat mudah. Berikut cara melihat tagihan listrik dan cara bayar di Aplikasi BebasBayar:

  1. Buka Aplikasi BebasBayar.
  2. Pilih menu Token PLN untuk prabayar, dan Pilih Tagihan PLN untuk Pascabayar.
  3. Untuk cek tagihan listrik PLN Pascabayar selanjutnya isikan ID Pelanggan PLN Anda.
  4. Klik Lanjutkan (Jika ada notifikasi tagihan sudah terbayar berarti sudah terbayarkan, jika tidak ada, maka akan ada billing atau info jumlah tagihan yang harus Anda bayarkan)
  5. Pilih Bayar untuk membayar tagihan listrik tersebut.

Namun sebelum membayar, Anda harus deposit saldo bebasbayar terlebih dahulu, berikut cara deposit saldo bebasbayar lewat transfer dan indomaret:



Perusahaan Listrik Negara atau PT PLN adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menangani segala hal yang berkaitan dengan kelistrikan di Indonesia, baik dari produksi hingga distribusi serta pengelolaan hampir mencakup seluruh wilayah Indonesia.


PLN tak hanya menyediakan tenaga listrik untuk penggunaan rumah tangga atau fasilitas umum, tetapi juga menyediakan listrik bagi perindustrian dalam skala besar. Mengikuti perkembangan zaman yang makin canggih, kini PLN telah bertransformasi menjadi PLN Online.


Situs resmi PLN bisa diakses melalui alamat www.pln.co.id di dalamnya menyediakan berbagai informasi seperti pengecekan listrik, sambungan baru, pasang baru, pengaduan dan lainnya.


Tahun 2015, PT PLN berhasil menyalurkan 176,4 TWh listrik, menjadikan perusahaan BUMN ini sebagai salah satu penghasil listrik terbesar se-Asia. Hingga hari ini PT PLN terus mengembangkan dan berinovasi untuk memberikan pelayanan kelistrikan terbaik bagi rakyat Indonesia.


Salah satu inovasi yang berhasil dicapai ialah tersedianya layanan listrik prabayar yang akrab disebut Listrik Pintar. Kini melalui Listrik Pintar masyarakat bisa membeli kredit listrik secara online serta melakukan pembayaran tagihan via online baik pascabayar maupun prabayar.

PLN menyediakan beragam layanan untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Indonesia. Hari ini, tersedia layanan PLN Online dimana Anda bisa cek rekening listrik, pengajuan permohonan pasang baru, dan pengaduan. Berikut ini beberapa layanan PLN Online yang bisa Anda manfaatkan :

  1. Pendaftaran PLN Layanan Listrik Prabayar
  2. Gak perlu repot-repot mengajukan permohonan pemasangan baru dengan mendatangi kantor cabang, kini Anda bisa melakukan pendaftaran di mana aja dan kapan aja. Kunjungi situs web PLN Online untuk informasi lengkapnya.
  3. Perubahan Daya
  4. Bila Anda membutuhkan kapasitas yang lebih besar untuk kebutuhan rumah tangga atau industri, Anda bisa mengajukan peningkatan daya melalui layanan PLN Online.

PT PLN Persero memberikan dua alternatif pembayaran listrik, yakni jenis prabayar dan pascabayar.

Apa yang menjadi keunggulan dan kelemahan listrik prabayar vs pascabayar?


  1. Listrik Prabayar

    Jika Anda ingin mengontrol pengeluaran dan penggunaannya, tentu listrik prabayar bisa menjadi pilihan. Anda akan terhindar dari biaya yang membengkak dalam penggunaan listrik. Anda juga tidak akan mengalami pemutusan aliran listrik akibat lupa bayar tagihan.


    Untuk bayar atau sekedar mengetahui cara mengecek tagihan listrik lewat hp android, baik prabayar maupun pascabayar bisa Anda lakukan di BebasBayar.


  2. Listrik Pascabayar

    Keunggulan listrik Pascabayar ialah Anda tidak perlu melakukan pengisian kredit di awal untuk menggunakannya. Namun, sebagai penggantinya, Anda harus cek biaya tagihan listrik dan membayarnya setiap akhir bulan.


    Bila mengalami keterlambatan, maka pihak PLN berhak memutus aliran listrik sampai Anda melunasi tagihan.


    Kekurangannya ialah sering terjadi kelalaian petugas dalam mencatat angka pada meteran yang mengakibatkan tagihan Anda membengkak, karenanya cek tagihan PLN online di BebasBayar secara berkala.

Berikut ini syarat-syarat yang harus disiapkan sebelum melakukan pendaftaran pemasangan listrik PLN:

  1. Gambar denah atau peta dari lokasi bangunan yang akan dipasang jaringan listrik.
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Surat Ijin Mengemudi (SIM) sebagai bukti pihak yang mengajukan.
  3. Apabila pengajuan pemasangan listrik tidak dilakukan sendiri atau diwakilkan, maka perlu melampirkan Surat Kuasa (diwakilkan).
  4. Menyiapkan biaya untuk pemasangan listrik baru.

Biaya pemasangan listrik baru mengacu pada Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral tahun 2014 adalah sebagai berikut:

  • 450 VA = Rp 421.000,00
  • 900 VA = Rp 843.000,00
  • 1.300 VA = Rp 1.218.000,00
  • 2.200 VA = Rp 2.062.000,00

Gak perlu capek mengantri dan mengajukan permohonan ke kantor cabang PLN, kini Anda bisa mengajukan permohonan pemasangan baru via PLN Online.


Berikut langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran dan pasang baru di PLN Online:

  1. Kunjungi web official PLN Online dan pilih 'Pasang Sambungan.' Usai membaca dan menyetujui Syarat Ketentuan, Anda bisa langsung ke laman pelanggan dan data pemohon. Isi data-datanya dengan benar untuk mempermudah proses seleksi pengajuan.
  2. Setelah pengisian data pemohon, ada tabel berjudul Tarif/Daya Baru, Anda bisa memilih jenis layanan PLN yang diinginkan, mau (Pascabayar atau Prabayar) serta kapasitas daya yang dibutuhkan. Klik "hitung biaya" untuk mengetahui tarif pemasangan baru.
  3. Bila sudah selesai, centang kotak kecil sebagai tanda bahwa Anda telah setuju atas ketentuan dan mengisi data dengan benar. Kemudian klik opsi "Simpan Permohonan".
  4. Setelah permohonan disetujui, Anda akan menerima e-mail rincian detail biaya yang perlu Anda bayarkan, lengkap dengan nomor registrasinya. Silakan lakukan pembayaran maksimal 30 hari setelah e-mail diterima.

Cara mengetahui ID pelanggan PLN cukup mudah, berikut caranya:

  1. Cara 1: Anda bisa lihat pada alat meteran listrik yang ada di Rumah Anda. Biasanya tertera di bawah barcode. Terdiri dari 11-12 Nomor.
  2. Cara 2: Bisa Anda lihat pada struk pembayaran yang telah Anda bayarkan sebelumnya.
  3. Cara 3: Bisa dengan cara menanyakan langsung kepada Call center atau customer services CS PLN di nomor telepon 123. Bisa langsung ke kantornya ataupun bisa juga melalui email dan sosial media resminya seperti facebook, instagram dan twitter.

Anda hanya perlu membuat surat lampiran permohonanan berhenti berlangganan pada pihak PLN di daerah Anda.


Surat lampiran berisi alasan kenapa Anda berhenti berlangganan, alamat lengkap, data diri, yang ditujukan kepada pimpinan kantor PLN setempat.


Lampirkan juga fotokopi KTP, nomor pelanggan, dan peta rumah yang disatukan dengan surat lampiran berhenti berlangganan PLN.


Usai menerima berkas, pihak PLN akan menghubungi Anda setelah mereka mengulas info permohonan yang Anda kirimkan.

Penambahan atau pengurangan daya listrik bisa dilakukan secara online maupun offline. Berikut langkah-langkah untuk pengajuan peningkatan atau penurunan daya:

  1. Kunjungi web official PLN Online di https://layanan.pln.co.id. Pilih menu "Ubah Daya". Usai Anda membaca dan menyetujui Syarat Ketentuan, Anda langsung akses laman yang berisi kolom data pelanggan dan data pemohon. Isi data-datanya dengan benar untuk mempermudah proses seleksi pengajuan.
  2. Jika sudah selesai memilih layanan PLN yang diinginkan, centang kotak kecil sebagai penanda bahwa Anda telah menyetujui ketentuan dan mengisi data dengan benar. Kemudian klik opsi "Simpan Permohonan".
  3. Setelah disetujui, Anda akan menerima e-mail rincian detail biaya yang perlu Anda bayarkan lengkap dengan nomor registrasi. Lakukan pembayaran maksimal setelah 30 hari e-mail diterima.

Keterangan:

  • - Penurunan daya listrik hanya bisa diterima apabila pemohon memiliki surat keterangan miskin atau Kartu Keluarga Sejahtera. Bila tidak memiliki salah satu syarat di atas, maka permohonan tidak dapat diterima.
  • - Tidak dikenakan biaya untuk permohonan penurunan daya listrik.

Bagaimana cara menghemat listrik supaya Anda tidak kaget ketika cek tagihan listrik bulan ini?


Masalah ini seringkali dialami oleh masyarakat. Dimana masih banyak orang mengeluh tentang tagihan listrik yang begitu tinggi. Dan bahkan banyak diantara mereka yang tidak sadar bahwa mereka sendirilah belum bisa mengatur penggunaan listrik yang efisien.


Oleh karenanya, guna memperkecil resiko tagihan listrik yang membengkak, berikut merupakan cara menghemat listrik yang wajib Anda terapkan:


  1. Menggunakan Listrik Seperlunya saja
    Anda harus membiasakan diri supaya bisa menggunakan listrik seperlunya saja, menggunakan listrik untuk keperluan-keperluan penting saja. Seperti menggunakan AC atau kipas angin ketika Anda memang butuh saja, dan jika sudah tidak butuh maka bisa Anda matikan. Hal semacam ini sangat efektif untuk menghemat listrik. Jadi mulai sekarang coba dibiasakan ya.

  2. Cabut peralatan elektronik yang tidak digunakan
    Poin satu ini seringkali dialami banyak orang, salah satu contohnya adalah Ketika selesai charger hp. Dimana chargernya masih nempel di stopkontak. Meskipun terlihat sepele. Ketika Anda sudah terbiasa untuk mencabut peralatan elektronik yang tidak digunakan pasti sangat berpengaruh besar terhadap biaya pengeluaran terhadap listrik.

  3. Mematikan lampu di siang hari
    Buat Anda yang biasanya menyalakan lampu disiang hari maka saat ini Anda harus belajar membiasakan diri untuk mematikannya. Anda bisa menyalakan lampu pada ruangan tertentu didalam rumah yang memang minim cahaya.
    Meskipun demikian Anda hanya boleh menyalakan lampu untuk hal-hal yang penting saja. Jangan menyalakan lampu jika memang dirasa tidak perlu dinyalakan.

  4. Mematikan semua lampu ketika akan tidur
    Mematikan semua lampu ketika akan tidur juga merupakan faktor penting dalam menghemat listrik. Anda bisa mematikan peralatan Eletronik seperti TV, AC dan Lampu ketika mau tidur.

  5. Menggunakan lampu hemat energi
    Penggunaan Lampu hemat energi juga berpengaruh besar terhadap biaya pengeluaran untuk membayar tagihan listrik. Untuk itu Anda disarankan supaya menggunakan lampu hemat energi yaitu Lampu LED. Saat ini sudah banyak toko peralatan listrik yang menjual lampu LED. Dimana Lampu LED ini diklaim mampu meghemat sekian persen penggunaan listrik. Sehingga Anda tidak perlu repot lagi jika ingin membeli lampu jenis LED. Harga lampu LED memang sedikit lebih mahal di bandingkan dengan lampu bohlam biasa, namun manfaat yang Anda dapatkan jauh lebih besar dibandingkan jika harus menggunakan lampu biasa.

  6. Mematikan listrik ketika akan bepergian jauh
    Poin keenam ini jika tidak Anda perhatikan secara bener-bener bisa jadi akan membahayakan rumah Anda. Mengapa begitu? Hal ini biasanya berpotensi akan terjadinya kebakaran yang diakibatkan oleh konsleting listrik. Oleh karena itu Anda juga harus membiasakan diri supaya ketika Anda mau bepergian jauh maka jangan lupa untuk mematikan listrik rumah. Selain meredam potensi kebakaran, hal ini juga bisa menghemat listrik rumah Anda. Dan ini juga sangat efektif.

  7. Hindari Penggunaan Water Heater
    Anda yang memiliki hobi meminum kopi atau teh seringkali menggunakan water heater karena alasan praktis? Water heater memiliki daya yang cukup besar loh. Untuk itu ada baiknya Anda harus bisa membiasakan diri memanaskan air di kompor untuk menghemat listrik dirumah. Cara hemat listrik seperti yang sudah dijelaskan diatas layak untuk Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan demikian Anda dapat merasakan hasil dari kegiatan menghemat listrik yang telah Anda lakukan. Andapun akan dibuat kaget dengan menurunnya jumlah biaya tagihan listrik yang akan Anda bayarkan setelah melakukan tips ini secara teratur.

Bagi para pengguna yang menggunakan layanan pembelian token listrik di bebasbayar.com, kami menganggap bahwa Anda telah menerima, memahami, dan menyetujui seluruh syarat dan ketentuan penggunaan layanan dibawah (syarat dan ketentuan layanan pembelian suatu layanan di bebasbayar.com bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu).


Berikut merupakan Syarat dan ketentuan layanan pembelian token listrik dan bayar tagihan listrik PLN Online di BebasBayar:

  1. Pastikan nomor meter atau ID Pelanggan yang Anda masukkan sudah benar dan sudah terdaftar sebagai pengguna layanan PLN masih aktif.
  2. Bebasbayar.com tidak akan bertanggung jawab apabila terjadi kesalahan pengisian nomor meter/ID pelanggan.
  3. Pembeli hanya bisa melakukan pembelian token listrik atau pembayaran listrik 1 kali dalam 1 transaksi sebelum melakukan proses pembayaran. Apabila ingin melakukannya kembali, Anda harus menyelesaikan transaksi dan pembayaran sampai selesai.
  4. Bebasbayar.com tidak pernah meminta informasi e-mail dan password akun Anda. Jangan pernah beritahukan informasi akun Anda ke pihak manapun.
  5. Harga token listrik dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Demikian panduan lengkap bagaimana cek tagihan listrik gratis via internet serta mudahnya bayar sesuai dengan tarif resmi PLN di Aplikasi BebasBayar.


Yuk segera install aplikasi BebasBayar dan bayar semua tagihan Anda dalam 1 aplikasi luar biasa ini. Dapatkan Voucher senilai total 25.000 tanpa diundi untuk transaksi pertama Anda.




Layanan Cek Tagihan Lainnya di BebasBayar

Layanan kami tidak hanya untuk bayar listrik saja, Adapun Layanan BebasBayar lainnya yang pastinya Anda butuhkan, berikut layanan kami: